Selasa, 15 Desember 2015

Resep Cara Membuat Ayam Kecap Manis

Resep cara membuat ayam kecap manis pasti dicari oleh banyak orang. Ayam kecap atau kadang juga dikenal dengan ayam bacem memiliki tampilan gelap dengan cita rasa manis karena pada proses pembuatannya banyak menggunakan kecap manis. Karena dimasak dengan direbus terlebih dahulu membuat tekstur ayam kecap ini biasanya manis, bukan sekedar manis diluar namun hingga meresap kedalam.

resep cara membuat ayam kecap manis
resep cara membuat ayam kecap manis
Dalam hal pemilihan kecap, gunakan kecap yang berkualitas, jangan hanya asal kecap manis. Karena kecap juga ikut mempengaruhi rasa dari masakan ini. Selain kecap, hal lain yang perlu diperhatikan adalah ayam. Daging ayam merupakan bahan pokok, maka dari itu tidak boleh sembarangan dalam memilih. Gunakan daging yang masih segar, hati-hati saat membeli dgaing, karena masih ada oknum penjual daging yang menggunakan bahan-bahan berbahaya untuk mengawetkan daging ayam untuk mendapatkan keuntungan lebih. Resep ayam kecap yang satu ini wajib kamu coba untuk memanjakan keluarga dirumah.

Resep lainnya :
Resep Membuat Susu Sari Kedelai Nikmat Murah dan Bergizi
Resep Membuat Asinan Buah Segar dan Nikmat
Resep Membuat Nasi Goreng Spesial ala Restaurant

Olahan berbahan dasar daging ayam banyak sekali variasinya. Harganya yang terjangkau membuat daging ayam menjadi pilihan utama dalam mencukupi kebutuhan protein. Resep cara membuat ayam kecap ini sangat cocok jika kita padukan dengan nasi hangat untuk lauk. Rasanya yang manis membuat ayam kecap ini tentu disukai oleh semua anggota keluarga. Ini dia bahan yang diperlukan serta resep membuat ayam kecap selengkapnya :

Bahan dan Bumbu Resep Ayam Kecap Spesial

• Bahan dasar utama yang kita butuhkan ialah 1 ekor ayam ukuran sedang besar. Pastikan untuk menggunakan ayam yang baru fresh dipotong, bisa datang ke pemotongan ayam dan memilih ayam sendiri.
• Potong ayam sesuai selera, bersihkan kembali setelah sampai dirumah. Hal ini untuk memastikan tidak ada kotoran maupun darah yang masih menempel pada daging.
• Bawang merah 12 buah. Potong untuk ditumis
• Bawang putih 2 buah. potong juga karena untuk bumbu tumis.
• Kecap manis kental, 11 sendok makan. Untuk hasil terbaik gunakan kecap manis yang berkualitas.
• Kecap Inggris 1 sendok makan.
• Jahe sebesar ibu jari. cincang menjadi ukuran kecil.
• Lada halus atau lada bubuk secukupnya (kurang lebih cuma sebanyak setengah sendok kecil atau sendok teh).
• Garam dapur secukupnya.
• Perasan jeruk nipis.
• Air bersih secukupnya.
• Minyak secukupnya untuk menumis bumbu.

Cara Membuat Resep Ayam Bumbu Kecap Manis

1. Setelah potongan daging ayam dicuci, siram dengan air perasan jeruk nipis. Rebus ayamnya hingga setengah matang.
2. Beri taburan garam dapur secukupnya (kurang lebih sekitar satu sendok makan). Aduk aduk daging ayam menggunakan tangan supaya garam tercampur rata dan diamkan sebentar (kurang lebih 13-15 menit).
3. Siapkan panci rebusan dengan api sedang dan beri air secukupnya. Tunggu sampai mendidih dan masukkan potongan daging ayam diatas. Sesekali diaduk aduk lalu biarkan sampai daging ayam setengah matang terus tiriskan.
4. Siapkan penggorengan dan beri sedikit minyak untuk menumis bumbunya.
5. Hidupkan dengan api sedang kecil dan masukkan irisan bawang merah dan irisan bawang putihnya. Aduk aduk sampai tercium bau harum tumisannya.
6. Masukkan jahe yang sudah dicincang diatas dan aduk sebentar bersama bumbu tumisan sebelumnya.
7. Masukkan kecap manis dan kecap inggrisnya. Aduk aduk sampai semua bahan tercampur rata.
8. Masukkan air bersih sebanyak kurang lebih 300 ml supaya ayam bumbu kecapnya ada kuahnya. Aduk aduk bersama bahan lain supaya tercampur rata.
9. Masukkan potongan daging ayam setengah matangnya dan aduk aduk bersama dengan bahan yang lain.
10. Masukkan gula, lada bubuk dan garam secukupnya (kira kira butuh sekitar satu sendok teh). Aduk aduk kembali sampai semua bahan tercampur rata.
11. Cicipi dulu, tambahkan kecap dan garamnya apabila diperlukan. Sesekali aduk kembali sampai airnya mengental dan tinggal sedikit agar bumbu meresap.

Selamat mencoba resep dan cara membuat ayam kecap manis. Jangan lupa coba juga resep masakan lainnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Cara Membuat Ayam Kecap Manis