Rabu, 04 November 2015

Resep Membuat Kolak Biji Salak Kenyal dan Nikmat

Resep Membuat Kolak Biji Salak - Kolak biji salak tentu sudah tidak asing ditelinga kita. Kuliner khas yang banyak hadir saat bulan ramadhan ini menjadi menu favorit dan banyak digandrungi. Rasanya yang manis membuat kolak biji salak sangat cocok untuk berbuka puasa. Namun bisa dikatakan sedikit sulit untuk menjumpai kolak biji salak ini saat bulan-bulan biasa. Karena peminatnya yang cenderung sedikit.

Rsesep Membuat Kolak Biji Salak

Namun berbeda halnya saat memasuki bulan puasa, penjual kolak biji salak dengan mudah kita temukan bersama dengan penjual kuliner khas tradisional lainnya. Namun jika Anda ingin mencicipi nikmatnya biji salak, Anda bisa membuatnya sendiri dirumah. Tentu saja dengan membuat sendiri banyak manfaat yang bisa kita dapatkan. Selain paham dan mengerti tentang cara membuat kolak biji salak, kuliner yang kita buat ini juga lebih aman. Berbeda mungkin jika kita membeli diluar. Selalu ada rasa was-was tentang kualitas bahan yang digunakan, apakah mengandung bahan berbahaya atau tidak.

Berikut ini resep membuat kolak biji salak yang sangat nikmat yang kami sajikan khusus untuk Anda. Semoga dengan resep ini dapat membantu menuntaskan rasa penasaran Anda untuk mencicipi lezatnya biji salak. Resep dan bahan membuatnya selengkapnya simak dibawah ini :

Bahan membuat kolak biji salak :
1/2 kg ubi jalar. Kukus dan kemudian haluskan. selanjutnya buat bulatan
100 gr tepung kanji.
Garam dapur secukupnya.
Air secukupnya.

Bahan untuk membuat kuah:
Air matang dan bersih sebanyak 1 liter.
200 gr gula merah.
Selembar daun salam panjang, ikat berbentuk simpul.
Gunakan 15 gr tepung kanji, kemudian dilarutkan kedalam 80 ml air (setengah gelas).
1 sdt garan dapur.
Ambil 300 ml santan dari 1 butir buah kelapa.
1/2 sendok teh garam dapur.
Selembar daun pandan, bentuk lagi menjadi simpul.

Cara Membuat Kolak Biji Salak

1. Siapkan wadah (bisa baskom atau yang lainnya). Masukkan ubi jalar yang sudah halus ke dalam baskom, tambahkan tepung kanji, garam dan sedikit air.
2. Ratakan semua bahan dengan melumatnya menggunakan tangan yang sudah di bungkus plastik (agar steril).
3. Pembuatan biji salak: Comot sedikit adonan, lalu bulatkan dengan tangan. Ukurannya bisa sesuka Anda, jika ingin besar comot adonan lebih banyak. Diamkan sejenak jika semua adonan sudah habis.
4. Tuangkan air dalam panci, nyalakan api dan rebus air bersama dengan gula merah. Aduk-aduk hingga gula merah larut ke dalam air, angkat lalu saring.
5. Sehabis disaring, rebus lagi air rebusan hingga mendidih. Pastikan bahwa Anda juga telah menambahkan daun pandan dan garam.
6. Setelah mendidih, biji salak yang masih mentah dimasukkan kedalam air rebusan hingga terapung. 7. Tambahkan tepung sagu smpai mengental dan timbul gelembung-gelembung kecil.

Pembuatan santan: Rebus semua bahan santan bersama daun pandan dan garam. Aduk merata sampai mendidih.
Masukkan biji salak dan siramkan santan yang sudah matang.

Ternyata tidak sulitkan untuk membuat kolak biji salak ubi manis. jangan lupa coba juga resep lainnya hanya di dicobaresep. Selamat memasak.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Membuat Kolak Biji Salak Kenyal dan Nikmat