Minggu, 08 November 2015

Resep Bolu Kukus Ubi Ungu Mekar

Resep bolu kukus ubi ungu mekar - kali ini kami akan kembali berbagi varian bolu kukus. Memang kue yang satu ini memiliki banyak sekali jenis. Tak ada salahnya untuk menambah perbendaharaan resep kamu dengan mencoba resep bolu kukus ubi ini. Sebelumnya kami juga membagikan resep membuat bolu kukus gula merah. Jika kamu belum sempat membacanya, silahkan langsung menuju ke resep bolu kukus gula merah.

Resep Bolu Kukus Ubi Ungu Mekar

Baca juga : Resep Membuat Kue Nastar Selai Nanas

Ubi ungu merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang banyak tumbuh di Indonesia. Tidak sulit untuk mencari ubi ungu. Namun tidak banyak orang yang suka mengkonsumsi ubi ungu ini secara langsung. Padahal kandungan ubi ini sangat banyak. Maka dari itu mulai banyak variasi makanan yang dikembangkan dari bahan dasar ubi ungu ini. Dan hasilnya memang memuaskan. Seperti keripik ubi ungu, es krim ubi ungu, ada juga tela-tela, mie ubi ungu. Dan kita kan membuat salah satu olahan ubi ungu ini dengan membuat bolu kukus ubi ungu. Bagaimana cara membuatnya ?

Bolu kukus mekar memiliki rasa manis yang banyak disukai terutama oleh anak-anak. Apalagi ditambah dengan warna ubi ungu yang membuat bolu kukus lebih menarik. Dijamin pasti banyak yang suka. Tambah nikmat lagi jika menikmati bolu kukus ubi ungu ini ditemani dengan segelas teh hangat dimalam hari bersama keluarga.

Cara membuat bolu kukus ubi ungu ini tidak jauh berbeda dengan bolu kukus biasa. Hanya saja kita banyak menggunakan ubi ungu untuk menghasilkan bolu yang lebih padat. Warna ungu dari ubi ungu ini sudah cukup untuk membuat bolu menjadi ungu alami. Jadi tidak perlu lagi untuk menambahkan pewarna buatan. Lalu bagaimana cara membuat bolu kukus ubi mekar ini ? baca selengkapnya pada resep bolu kukus ubi ungu mekar dibawah ini

Bahan bolu kukus:
250 gram ubi ungu
200 gram tepung terigu
5 butir telur ayam
250 gram gula pasir
1 sdt vanili
180 ml susu cair
½ sdt ovalet
½ sdt baking powder/ soda kue

Cara Membuat Bolu Kukus Ubi Ungu

Kupas ubi ungu, kukus hingga matang dan haluskan, sisihkan.
Kocok telur, gula pasir, dan ovalet hingga kaku dan mengembang.
Masukkan campuran tepung terigu, baking powder, dan vanili sedikit demi sedikit, lalu aduk rata.
Tambahkan ubi ungu yang telah dihaluskan, aduk hingga tercampur rata.
Tuangkan susu cair kedalam adonan lalu aduk hingga rata.
Ambil 4-5 sdm adonan, tuang kedalam cetakan bolu kukus yang telah dialasi dengan paper cup.
Kukus selama 30 menit ke dalam kukusan yang telah dipanaskan sebelumnya.
Angkat dan Bolu Kukus Ubi Ungu siap untuk disajikan.

Selamat mencoba resep bolu kukus ubi ungu mekar ini. Jangan lup coba juga resep kue lainnya. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Bolu Kukus Ubi Ungu Mekar