Senin, 12 Oktober 2015

Resep Tempe Penyet Sambal Petis Sedap

DIcobaresep, Resep Tempe Penyet Sambal Petis Sedap Tempe penyet sambal petis patut anda coba karena rasanya sangat mantap. Pedas – pedas seperti itu cocok disantap ketika sedang hujan dan hawanya dingin. Ketika panas pun juga akan enak karna keringat bisa mengucur deras. Apalagi ditambah dengan bumbu petis yang membuat rasanya semakin komplit dan lengkap. Tempe penyet bumbu petis ini jarang ditemukan, karena lebih sering tahu petis yang dijual, itu pun harganya lumayan dan hanya bisa ditemui di pasar malam. Untuk itu Resep Tempe Penyet Sambal Petis Sedap ini patut dicoba dan dijamin anda tidak akan menyesal.

tempe penyet sambel petis

Baca juga :
Resep dan Cara Membuat Soto Banjar Spesial Asli
Resep Pastel Goreng Renyah dan Cara Membuat
Resep Membuat Dendeng Balado Khas Masakan Padang

Bahan tempe penyet sambel petis
1. Tempe papan 1 buah, sepanjang kira – kira 20 cm.
2. Petis siap pakai
3. Cabai rawit 10 buah
4. Bawang putih 4 siung
5. Garam secukupnya
6. Minyak secukupnya

Cara membuat Tempe Penyet Sambal Petis Sedap :

1. Iris – iris tempe sesuai selera.
2. Haluskan bawang putih 1 siung dengan sedikit garam. Beri air secukupnya. Celupkan atau rendam tempe ke dalam bumbu tersebut agar temenya gurih.
3. Jika bumbu sudah terserap, goreng tempe hingga berwarna kuning keemasan.
4. Haluskan cabai, garam secukupnya, dan bawang putih 3 siung.
5. Campurkan bumbu – bumbu yang sudah dihaluskan dengan petis. Aduk rata hingga semua tercampur rata.
6. Masukkan tempe goreng dan penyet – penyetlah agar sambal menempel di tempe. Jangan menggencet tempe sampai remuk, cukup hingga tempe gepeng dan tercampur dengan sambalnya.

Atau bisa juga tempe dan sambal serta petisnya diuleg kasar, sehingga tekstur tempenya masih terasa.
Tempe penyet ini coock dinikmati sebagai lauk dengan nasi yang masih hangat dan kerupuk renyah. Selain gurih, sambal yang pedas akan mengeluarkan keringat sehingga rasanya akan sangat mantap. Rasa tempe penyet petis ini tidak akan kalah dengan buatan warung atau restoran. Hal ini karena selain rasanya asli, juga tidak ditambahi dengan penyedap apapun. Petisnya terbuat dari udang yang sudah siap pakai, sehingga lebih praktis. Rasa tradisional dan sea foodnya akan terasa dengan kombinasi nasi hangat. Lebih cocok jika ditambah dengan kemangi dan timun sebagai lalapan, juga kerupuk udang agar rasa sea food lebih terasa. Selamat mencoba resep membuat tempe penyet sambel petis.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Tempe Penyet Sambal Petis Sedap