Kamis, 03 Desember 2015

Resep Membuat Bolu Kukus Coklat Mengembang dan Empuk

Dicobaresep.blogspot.com ,Resep membuat bolu kukus coklat - APakah kamu suka dengan bolu kukus ?. Kali ini kami akan berbagi resep bolu kukus coklat. Kue dengan tekstur lembut serta rasa manis ini tentu akan menjadi makanan yang disukai oleh keluarga Anda. Terutama untuk anak-anak yang memang suka dengan rasa manis. Terlebih kita menggunakan coklat. siap-siap kue bolu coklat ini habis ya. Untuk membuat kue bolu kukus ini tidak terlalu sulit. Pada dasarnya cara membuat bolu kukus coklat ini sama dengan resep membuat kue bolu lainnya seperti kue bolu pandan ataupun kue bolu ubi ungu.

Resep Membuat Bolu Kukus Coklat Mengembang

Membuat kue bolu ini walaupun tidak terlalu sulit namun juga perlu perhatian khusus agar mendapatkan tektur kue bolu kukus yang empuk. Untuk mendapatkan kue bolu coklat kukus yang empuk dan mengembang kita juga akan membagikan tipsnya untuk Anda. Jadi tidak usah terlalu khawatir, tinggal ikuti langkah-langkah yang sudah kami siapkan. Berikut ini resep membuat kue bolu kukus coklat versi dicobaresep :

Bahan yang diperlukan dalam membuat Resep Bolu Kukus Coklat Lembut
- 200 gram mentega (lelehkan)
- 100 gram tepung terigu
- 100 gram gula pasir
- 50 gram coklat bubuk
- 10 gram ovalet (1 sdt penuh)
- 5 butir telur ayam
- 190 ml susu kental manis coklat (190 ml)
- selai strawberry secukupnya

Peralatan yang dibutuhkan dalam membuat Resep Bolu Kukus Coklat Spesial
- Loyang ukuran persegi,  oleskan dengan mentega terlebih dahulu

Tips Agar Bolu Kukus Mengembang Sempurna Dan Empuk

Pilih wadah kertas yang sesuai
Agar bentuk bolunya cantik, pilih kertas dengan tingginya yang sesuai, tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu pendek.
Gunakan cetakan yang berlubang
Maksud disini adalah agar uapnya dapat merasuk merata ke dalam adonan bolunya.
Jangan buka tutup kukusan sebelum matang!
Jika membuka tutupan kukusannya sebelum matang, tentu hasil akhirnya tidak mengembang dengan sempurna. Oleh karenanya, tunggu sampai kue tersebut matang pada waktunya.
Gunakan mixer dengan kecepatan tinggi
Pada saat mengocok telur dengan gula, kocok lah adonan tersebut sampai benar-benar lembut dengan menggunakan mixer berkecepatan tinggi. Setelahnya, baru masuk tahap tepung agar tercampur dengan rata.
Gunakan soda cair yang baru
Agar hasil bolu mengembang dengan maksimal, selalu gunakan soda yang baru, yang tentunya belum pernah dimasukkan ke dalam lemari es atau dibuka.
Lapisi tutup kukusan dengan kain bersih
Biasanya kalo kita mengukus kue, air yang didalamnya pasti masuk ke dalam adonan bolu. Agar airnya tak masuk ke dalam adonan, lapisi tutup kukusannya dengan kain bersih.

Resep Membuat Bolu Kukus Coklat Mengembang

Cara Membuat Resep Bolu Kukus Coklat Sederhana

1. Aduk telur, gula, ovalet dengan kecepatan tinggi. Kemudian masukkan tepung terigu, susu kental manis coklat, dan coklat bubuk. Aduk rata hingga mengembang.
2. Masukkan mentega yang sudah dilelehkan. Kemudian aduk rata kembali. Setelah itu tuangkan adonan ke dalam loyang yang telah dipersiapkan.
3. Kukus adonan selama 30 menit hingga matang. Setelah matang, angkat lalu dinginkan sejenak.
4. Keluarkan kue dari cetakannya dan belah menjadi dua bagian. Olesi dengan selai strawberry pada bagian 1, kemudian tumpuk lagi dengan bolu kukus coklat yang lain

Baca juga :
Resep Bolu Kukus Pelangi Lembut dan Empuk
Resep Bolu Kukus Gula Merah Mekar dan Empuk
Resep Membuat Kolak Biji Salak Kenyal dan Nikmat
Resep Membuat Kue Nastar Selai Nanas
Resep Membuat Sale Pisang Camilan Nikmat Mengenyangkan

Tidak terlalu sulitkan, jangan lupa untuk memperhatikan pada bagian cara membuat kue bolu kukus yang mengembang agar didapat tektur kue bolu coklat yang empuk. Jangan lupa coba juga resep lainnya ya, selamat mencoba resep membuat bolu kukus coklat

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Membuat Bolu Kukus Coklat Mengembang dan Empuk