Selasa, 03 November 2015

Resep Membuat Kue Nastar Selai Nanas

Resep membuat kue nastar selai nanas - Tentu saja kita sudah tidak asing lagi dengan kue kering yang satu ini. Kue nastar sering kita jumpai menjadi camilan sajian sewaktu bertamu. Apalagi saat hari raya idul fitri. Hampir disetiap rumah menyuguhkan kue nastar. Nama nastar sebenarnya berasal dari nama asing yaitu "nastaart" yang berarti "Pineapple Cake" atau dalam bahas kita kue nanas. Di masyarakat sunda sering disebut "Ganas Jeung Tarigu (Nanas Dan Terigu)".

Resep Membuat Kue Nastar Selai Nanas


Yang paling sering kita temui adalah kue nastar yang didalamnya terdapat selai nanas. Namun ternyata ada juga kue nastar yang selai nanasnya berada diluar, jadi topping ceritanya. Namun yang pasti kue nastar menggunakan selai nanas sebagai bahan utamanya. Untuk topping nastar sebenarnya banyak variasi yang bisa kita tambahkan. Bisa kita gunakan keju, ada juga yang menggunakan cengkeh. Buat kamu yang ingin mencicipi nikmatnya kue nastar tapi hasil karya tangan sendiri, tidak usah khawatir. Kami sengaja hadirkan resep kue nastar untuk kamu coba. Semoga cara membuat kue nastar ini bermanfaat ya, simak selengkapnya dibawah ini :

Bahan membuat kue nastar selai nanas
450 gram tepung terigu.
6 butir telur (pisahkan antara kuning dan putih telur)
50 – 75 gram keju parmesan.
150 gram gula halus.
375 gram mentega.
120 gram susu bubuk.
Selai nanas yang tadi sudah anda buat, atau yang sudah anda beli.

Cara Membuat Kue Nastar Selai Nanas

Campurkan 3 kuning telur dan 2 putih telur pada suatu wadah dan kocok hingga rata.
Tambahkan tepung terigu, mentega, gula halus dan keju parmesan pada campuran kuning dan putih telur tadi lalu aduk hingga rata. Jika dirasa masih terlalu encer anda dapat menambahkan tepung terigunya lagi.
Bentuk adonan tersebut menjadi sebuah bentuk bulat – bulat kecil dan didalamnya bulatan tadi tambahkan selai nanas pada sebuah Loyang.
Panggang nastar tadi pada sebuah oven dengan suhu kurang lebih 170 – 180 derajat, selama kurang lebih 15 – 20 menit.
Jika sudah matang, angkat dan nastar selai nanaspun sudah siap anda sajikan.

Tips membuat kue nastar yang lembut dan tidak retak
1. Jangan mengocok mentega atau butter terlalu lama , karena nastar bukan jenis kue yang harus mengembang berlebihan .
2. Aduklah adonan dengan menggunakan spatula
3. Jangan terlalu sering menyentuh adonan saat proses mencetaknya karena akan membuat kue menjadi keras .
4. untuk mendapatkan ukuran kue yang sama, adonan dibentuk bola terlebih dahulu kemudian gilas adonan kue hingga ketebalanya sesuai dengan yang diinginkan dan cetak dengan gelas
5. Gunakan gula halus serta keluarkan kue dengan sedikit demi sedikit saat mencetak , lalu simpan sisa adonan didalam kulkas dengan menggunakan plastik wrap agar mentega tidak meleleh .
6. Jangan memanggang adonan dengan suhu yang terlalu tinggi . set oven di suhu 150 derajat celcius hingga 160 derajat celcius.
7. Selanjutnya untuk kulit nastar tidak boleh terlalu tipis atau isian selai jangan terlalu banyak atau besar .

Ternyata tidak terlalu sulit bukan membuat kue nastar ini. Namun jangan lupa teliti saat menyiapkan bahan-bahannya, takaran serta waktu lama proses pembuatan. Agar hasil yang didapat juga memuaskan. Sekian resep membuat kue nastar dengan selai nanas, jangan lupa coba juga resep kue kering lainnya hanya di Dicobaresep. happy cooking

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Membuat Kue Nastar Selai Nanas