Senin, 07 Desember 2015

Resep Membuat Bakso Ayam Kenyal dan Lezat

Dicobaresep.blogspot.com, Resep membuat bakso ayam kenyal dan lezat - bakso merupakan salah satu makanan yang paling banyak digemari. Baik oleh dewasa maupun anak-anak. Banyak sekali jenis varian bakso, seperti bakso rusuk, bakso urat yang menggunakan daging sapi. ADa juga bakso ikan yang berbahan dasar ikan laut maupun ikan tawar serta ada juga bakso ayam yang bahan dasarnya adalah daging ayam.

resep membuat bakso ayam kenyal
resep membuat bakso ayam kenyal
Kali ini dicobaresep akan berbagi resep bakso daging ayam. Bakso ayam ini rasanya tak kalah enak dibanding bakso daging sapi maupun bakso ikan. Teksturnya yang kenyal sama seperti bakso sapi, sekilas membuat bakso ayam ini tidak bisa dibesakan. Namun bakso ayam kenyal ini tidak berbau terlalu amis seperti bakso sapi.

Untuk kamu yang ingin menikmati bakso namun dengan harga yang lebih murah, bakso ayam ini bisa menjadi solusi jitu ditengah harga daging sapi yang masih mahal. Selain itu karena kita membuat sendiri, tentu saja bakso kenyal ini sangat aman. Berbeda jika kita membeli bakso diwarung, kadang kita merasa was-was apakah baksonya aman dari formalin ataupun boraks.

Resep lainnya :
Resep Membuat Bolu Kukus Coklat Mengembang dan Empuk
Resep Membuat Bolu Kukus Pandan Lembut dan Enak
Resep Bolu Kukus Pelangi Lembut dan Empuk
Resep Bolu Kukus Ubi Ungu Mekar

Cara membuat bakso ayam yang kenyal ini juga tidak terlalu susah. Proses pembuatannya juga sama seperti saat membuat bakso daging sapi. perhatikan takaran serta proses perebusan bakso, karena akan berpengaruh terhadap kekenyalan bakso. Tujuan kita untuk membuat bakso ayam kenyal dan enak. Simak selengkapnya dibawah ini :

Bahan – bahan untuk membuat bakso ayam:

Lima ratus gram daging ayam bagian paha atau dada.
kurang lebih 125 ml Air es.
1 sendok makan kecap ikan.
2 sendok makan tepung meizena.
1-3 sendok teh garam atau secukupnya saja.
1/2 (setengah) sendok makan gula pasir.
1/4 baking soda (pengembang).
1/2 (setengah) sendok teh merica bubuk.
1/2 (setengah) sendok teh kaldu ayam bubuk (tidak ada juga tidak apa – apa).
1/2 (setengah) sendok makan minyak goreng.

Bahan – bahan untuk membuat kuah bakso ayam kenyal lezat:

2 liter air rebusan kaldu ayam (kalau bisa tambahkan juga tulang – tulang ayamnya).
1 sendok teh merica bubuk.
2 sendok teh kaldu bubuk.
Daun bawang secukupnya.
2 sendok makan kecap ikan.
5 siung bawang putih (sudah anda haluskan sebelumnya).
Garam secukupnya.
Gorengan bawang merah.

Cara membuat bakso ayam enak kenyal lezat :

1. Cincang daging yang tadi sudah anda siapkan, kalau bisa gunakan saja food processing.
2. Tambahkan kurang lebih 5 sendok makan air es, secara sedikit demi sedikit sampai dagingnya menggumpal. Tampung daging dengn mangkuk atau wadah lainnya.
3. Tambahkan sisa air es, kecap ikan, garam, gula. Kaldu bubuk, baking soda, merica bubuk, tepung meizena, dan minyak goreng kedalam mangkuk daging, aduk – aduk sampai rata.
4. Sediakan wadah yang berisi air es yang cukup banyak. Bantingkan adonan ke wadah tersebut selama kurang lebih 10 kali, sampai adonan lembut dan kenyal.
5. Sekarang siapkan, mangkuk yang sudah dilapisi plastic pada alasnya. Letakkan adonan tadi pada mangkuk tersebut dan masukkan kedalam lemari pendingin selama kurang lebih 30 menit.
6. Siapkan air dalam wajan dan rebus sampai mendidih. Jika sudah mendidih, kecilkan apinya.
7. Ambil adonannya, buat gumpalan adonan dengan menggunakan tangan sampai bentuknya sedikit bulat, dan ambil dengan sendok setiap adonan yang keluar dari genggaman anda, lalu masukkan kedalam air rebusan wajan.
8. Rebus terus bakso sampai matang. Biasanya bakso yang sudah matang akan mengambang dan jika dibelah bagian dalamnya daging sudah tidak lagi bewarna pink (merah muda).
9. Jika sudah matang, angkat dan tiriskan.

Cara membuat kuah bakso yang enak :

Tumis bawang putih dengan sampai tercium bau harumnya.
Sekarang masukkan air (jika anda mau dapat tambahkan lemak ayam kedalam air agar lebih kental), tumisan bawang putih, kecap ikan, merica bubuk, dan kaldu ayam pada wajan sampai mendidih.

Cara menyajikan bakso ayam kenyal enak :

Ambil beberapa bakso, dan letakkan pada mangkuk.
Tambahkan seledri, bawang goreng, kecap, saus, dan sambal (jika anda suka pedas), kedalam bakso. Anda juga dapat menambahkan mie kedalam bakso.
Siramkan kuah bakso kedalam mangkuk.
Sekarang bakso ayam sudah siap anda nikmati. Nikmati bakso selagi masih hangat.

Jika anda suka dengan rasa pedas, Anda bisa berkreasi dengan menambahkan potongan cabe rawit kedalam bulatan bakso. Sensasi pedas akan meledak saat bakso kita gigit. Bagaimana, tertantang untuk mencoba bakso ayam rawit kenyal ? selamat mencoba resep membuat bakso ayam kenyal lezat

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Membuat Bakso Ayam Kenyal dan Lezat