Sabtu, 26 September 2015

Resep Membuat Sambal Tempe Daun Kemangi Pedas Nikmat

Dicobaresep, Resep Membuat Sambal Tempe Daun Kemangi Pedas Nikmat - Tempe memang makanan ‘multifungsi’ karena dapat dimombinasikan dengan apa saja dan diubah bentuknya menjadi apa saja. Sebut saja kering tempe, keripik tempe, oseng – oseng tempe, tempe goreng, tempe krispi, tempe bacem, dan sebagainya. Tempe enak dimakan pedas maupun manis. Tempe enak juga dibuat sambal karena memang rasanya mantap, selain itu dewasa ini banyak dijual tempe penyet di berbagai warung makan tradisional. Berikut ini adalah resep salah satu sajian tempe, yaitu disajikan sebagai sambal tempe dengan campuran kemangi. Kemangi yang mempunyai aroma khas dapat menjadi daya tarik tersendiri sebagai teman lalapan, selain itu kemangi baik untuk kesehatan karena mencegah timbulnya bakteri yang menyebabkan bau badan. Anyway, berikut adalah Resep Membuat Sambal Tempe Daun Kemangi Pedas Nikmat, semoga bisa dijadikan referensi.

Resep Membuat Sambal Tempe Daun Kemangi Pedas Nikmat

Baca juga resep lainnya:
Resep Membuat Sayur Oyong Bening Enak dan Nikmat
Resep Membuat Nugget Ayam Wortel Sederhana
Resep Nasi Goreng Jamur Kancing Lezat Bikin Nagih

Bahan sambal tempe

1. 5 potong tempe.
2. 3 – 5 buah cabe rawit. Jumlah bisa disesuaikan dengan selera anda.
3. 2 siung bawang putih.
4. Gula jawa secukupnya
5. Garam dapur secukupnya
6. 20 lembar daun kemangi. Cuci bersih dan ambil daunnya saja.

Resep Membuat Sambal Tempe Daun Kemangi Pedas Nikmat:

Langkah – langkah dalam membuat sambel tempe daun kemangi versi dicobaresep.blogspot.com
1. Haluskan 1 siung bawang putih dan garam. Beri air secukupnya, dan masukkan tempe ke dalamnya. Tunggu sesaat, lalu goreng hingga kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.
2. Goreng tempe hingga kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.
3. Haluskan cabe, 1 siung bawang putih, garam, dan gula, sampai lembut. Gula yang diperlukan hanya sedikit saja, cukup 1 ruas jari kelingking sudah cukup. Yang penting jangan terlalu manis. Gula jawa dapat diganti dengan gula pasir.
4. Masukkan tempe goreng dan kemangi ke dalam sambel, lalu uleg hingga halus dan tecampur semua.  Tidak perlu sehalus bubur, namun uleg kasar dan tekstur kedelainya masih terlihat, serta lembaran – lembaran daun kemanginya masih terlihat.
5. Sajikan di piring dan hiasi dengan potongan tomat di atasnya.
Selain enak, sambal tempe kemangi ini dapat meningkatkan nafsu makan, sehingga makan akan tambah lahap. Dimakan tanpa lauk pun juga tidak masalah karena bahan utamanya sudah dari tempe sehingga sudah merangkap sebagai lauk. Untuk itu tempe harus dibuat segurih mungkin ketika digoreng, sehingga resep sambal tempe kemangi pedasnya pun akan lebih sedap. Selamat mencoba!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Membuat Sambal Tempe Daun Kemangi Pedas Nikmat